13 LANGKAH UNTUK MENGHAFAL QURAN ALA SH. YASIR QADHI



Dalam salah satu seminarnya tentang Ilmu Pengetahuan Al Qur'an, Sh. Yasir Qadhi berbagi dengan kami beberapa langkah praktis yang membantunya menghafal Quran selama masa remajanya.

Sadarilah bahwa menghafal Al Quran adalah proyek spiritual dan fisik. Ini adalah keajaiban dan restu dari Allah ṣallallāhu 'alayhi wa sallam (damai dan rahmat Allāh besertanya) sehingga Anda dapat menyerap Alquran. Jika Anda ingin memanfaatkan berkat ini, Anda harus berada dalam kondisi terbaik untuk menerima hikmah Alqur’an dan karena itu berusaha secara fisik untuk mencapainya dan berusaha secara rohani untuk mendapatkan keuntungan maksimal.

  1.  Ketulusan. Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah niat Anda (jika Anda berniat baik, Anda akan menjadi baik). Pastikan bahwa niat yang Anda hanya karena Allah Subḥānahu wa ta'āla, untuk mencari ridha-Nya sehingga insya Allah, dengan rahmat-Nya, kita akan diberi ganjaran di Aakhirah. Bukan untuk pamer di depan orang lain apa yang sudah Anda hafalkan. Ketulusan bukanlah satu faktor waktu, melainkan pertempuran terus-menerus yang harus selalu Anda perbaharui.
  2. Konsistensi. Semakin sering Anda menghafal, semakin mudah jadinya. Sangat penting untuk konsisten, dan tidak melewatkan satu hari pun. Tidak ada akhir pekan dalam ibadah. Minimal yang harus dihafalkan minimal 3 baris, 5 lebih ideal. Jika Anda konsisten, inshAllah, Anda akan bisa menjadi huffadh dalam 5-6 tahun
  3. Waktu. Hal pertama yang harus Anda lakukan pada hari itu adalah menghafal - bahkan melakukannya sebelum sarapan pagi Anda, karena ini adalah sarapan rohani Anda. Waktu terbaik untuk menghafal adalah tepat setelah Fajar. . (Sh Yasir biasa mengambil satu jam untuk menghafal sebuah halaman di awal, dan akhirnya turun sampai 15-20 menit)
  4. SuasanaMiliki tempat yang terpencil untuk dikunjungi dan dihafal di tempat yang sepi. Anda tidak bisa menghafal dengan benar dengan gangguan, jadi matikan semua perangkat Anda (seperti ponsel)
  5. Keakrabanmulailah pada saat bersamaan, di tempat yang sama dan gunakan mushaf yang sama setiap hari. Anda perlu memiliki salinan Mushaf Anda sendiri (Mushaf Madani sangat dianjurkan), ini kemudian akan sangat Anda sayangi.
  6. Tidak ada trik sulap. ulangi, ulangi, ulangi, berulang-ulang. hanya pembacaan berulang dan / atau pendengaran yang akan membantu menghafal.
  7. Hafalkan dengan maknabaca terjemahannya sebelum memulai dan cobalah mencocokkan kata-kata Arab dengan maknanya
  8. Kelilingi dirimu dengan bacaandengarkanlah Al Qur'an. Sebelum Anda mulai menghafal, dengarkan apa yang akan Anda hafalkan. SH. Suami sangat dianjurkan (lihat di sini sumber terbaik untuk membantu Anda menghafal)
  9. Temukan teman bacaan. dapatkan teman, anggota keluarga atau seseorang yang Anda kenal yang akan mendengarkan bacaan Anda setiap hari. Idealnya, dapatkan seseorang yang juga menghafal untuk menciptakan sistem tekanan sebaya.
  10. Ucapkan setiap hari dalam salat Anda apa yang telah Anda hafal. Jika Anda lupa satu bagian, Anda akan segera bergegas menuju Alquran dan memperbaiki kesalahan Anda dan Anda tidak akan pernah melakukan kesalahan ini lagi.
  11.  Triple dosis harian. a membuat hafalan baru pada waktu yang Anda tetapkan hari ini
    b. Revisi 7 hari sebelumnya, tepat sebelum Anda memulai penghafalan baru: Ini karena hal tercepat yang Anda lupakan adalah hafalan baru. Dan melakukannya, juga akan membangun konektor antara yang lama dan bagian baru yang akan Anda hafalkan. Plus, ini akan menjadi pemanasan yang baik untuk otak saat Anda mengingat kembali dari ingatan dan pembacaan Anda, sebelum Anda melakukan latihan yang sebenarnya dalam melakukan penghafalan baru.
     c. Pada lain waktu lain, revisi hafalan anda pada waktu 7 hari terakhir ini. Minimal minimal 4-5 halaman.
  12. Jangan melompat-lompat. Konsisten Jangan mencoba pergi ke surah lain jika Anda merasa kesulitan dan berpegang pada perintah. Dengan begitu, Anda akan merasa puas karena telah menyelesaikan juz daripada meninggalkan beberapa bagian di sana-sini.
  13. Tiga potongan. Mulai dari belakang. Surah yang lebih pendek akan memberi Anda dorongan besar. Anda harus membagi hafalan Al-Qur'an dalam tiga bagian:
a) Juz 28, 29, 30 atau hanya Juz 29, 30

b) Surah Al-Kahf sampai Juz 28

c) Surah Al Baqarah ke Surah Al-Kahf

Jazakumullahu Khoir, Jika Sobat merasa Bacaan Ini Bermanfaat Silakan Sobat Bagikan artikel ini

Sumber bacaan

Comments