Alasan Mengapa Anda Harus Menghargai Kegagalan


Maulana Wahidudin Khan
maulana wahiduddin khan

Kegagalan adalah hal biasa dalam kehidupan. Hanya bagaimana kita mengolah kegagalan tersebut, sehingga menjadi cambuk sekaligus tangga menuju kesuksesan. Itulah rumua kehidupan yang dikuasai dan dipraktekkan oleh banyak tokoh besar yang lahir di dunia ini. Kegemilangan yang berhasil mereka raih justru buah dari kegagalan demi kegagalan yang menerpa mereka.
Anda beruntung bisa menyimak postingan ini, karena maulana wahiduddin khan, sumber dari tulisan ini yang bukunya diterjemahkan kedalam bahasa indonesia, beliau sangat cerdas dan tangkas sekali dalam mengugah pembacanya agar seluruh gelagat kehidupan ini dipandang sevara positif. Intelektual kelas dunia yang lahir di India ini mengobarkan optimisme yang besar sekali, sehingga tak ada alasan bagi anda untuk murung dalam menghadapi kehidupan ini. Karena dibalik jalan buntu yang menjegal anda dalam meniti hidup ini, sebetulnya jalan lain menuju kesusesan terbentang luas dihadapan anda.
Berbagai renungan dan pengamatan yang dilakulan wahiduddin khan yang dituangkan dalam tulisan ini Insya Allah akan mampu menverahkan dan mengoptimalkan kemampuan anda. Dengan reputasi keilmuan yang telah teruji, penulis produktif ini menyajikan motivasi yang mengasyikkan sekali perihal kiat-kiat meraih kesuksesan dalam hidup ini.
Beragam peristiwa kehidupan yang boleh jadi dianggap remeh dan sepele oleh sebagian orang, bagi wahiduddin khan menjadi lautan hikmah yang sayang untuk dilewatkan. Karena berbagai renungan dan pengamatan sosialnya yang dituangkan dalam buku ini, Insya Allah mampu mencerahkan dan melejitkan kemampuan anda. 
Antologi yang merupakan kumpulan artikel karya maulana wahiduddin khan ini dirancang untuk memberikan ilustrasi tentang sains kehidupan yan diserap penulis dari satu prinsip dasar al Quran: "sesungguhmya sesudah kesulitan itu ada kemudahan " (al insyirah(94):6). Menurut pendapatnya kegagalan dalam kehidupan adalah suatu peristiwa yang biasa terjadi, tetapi jika hal tersebut dibarengi  dengan suatu sikap positif, maka ia akan bertransformasi menjadi kesuksesan. Sebaliknya, kegagalan yang dibarengi dengan suatu sikap negatif adalah sebuah jegagalan baru.
Penulis memberikan berbagai contoh dari kehidupan sehari-hari didukung oleh landasan yang relevan yang berasal dari alquran dan sunnah Rasulullah SAW. Untuk menunjukkan bahwa tidak ada yang tidak mungkin bagi kesuksesan dalam kehidupan ini bagi mereka yang dapat mengambil pelajaran dari kegagalan yang dialaminya.
Ia juga mengingatkan bahwa berbagai cobaan hidup harus dihadapi dengan kesabaran, ketekunan dan kasih sayang. Artikel-artikel ini telah diterbitkan secara berkala dalam majalah Ar-Risalah.

Comments