3 Hal Yang Mempengaruhi Suasana Hidupmu Secara Psikologi

esqolbuindonesia.wordpress.com

Penampilan disetiap suasana hidup tergantung pada tiga hal:

1.     Pengetahuan tentang pekerjaan yang sedang dikerjakan
2.     Keterampilan yang diharapkan untuk melakukannya
3.     Sikap yang memotivasi dan menciptakan sebuah hasrat untuk melakukan sesuatu
Maka penampilan adalah P= (K+S) A
P adalah performance/ penampilan, k adalah knowledge/pengetahuan dan A adalah attitude/ sikap
          Seorang laki-laki telah menjalankan mesin selama bertahun-tahun. Dia mengenal mesin dengan amat baik sehinga pantas menerima poin 100. Terlatih dalam menanganinya, dia mengetahui cara terbaik untuk menjalankannya, ketika harus meminyakinya dan bagaimana membersihkannya. Dia mendapat poin 90 untuk pekerjaan tersebut. Ahlii dalam mengopperasikan, menservis, membersihkan, memeriksa secara teliti, dia menjadi seorang yang paling senior dan ahli di perusahaannya dan telah melatih pegawai-pegawai lainnya.
Namun saat mesinnya mengalami penurunan kapasitas dan sejumlah kecelakaan terjadi karena dia tidak ingin mempraktekkan ilmunya. Dia mengajari setiap orang nilai dan pentingnya servis dan perawatan regular, namun dia tidak mengaplikasikan ilmu dan keterampilannya pada mesinnya. Maka sikapnya menghasilkan “0”.

Penampilan pada kasus ini adalah :
P=(K+S) A
P = (100+90) 0
P = 190 (0)
P=0
Banyak orang seperti itu yang mengetahui apa yang harus dikerjakan. Mereka memiliki keterampilan untuk melakukannya. Namun, sikap negative dan dan kurangnya keyakinan mereka merintangi untuk berbuat.
Beberapa orang mempunyai buku untuk mendapatkan pengetahuan dariny, manusia dan peluang untuk menguasai berbagai keterampilan dariny, namun mereka tetap bodoh karena mereka tidak ingin belajar atau tidak melihat sebuah keharusan untuk belajar. Beberapa orang telah menempati posisinya dalam sejarah, meskipun mereka bahkan tidak cukup kesempatan untuk mengenyam pendidikan di sekolah. Dengan kemauan yang keras, mereka telah menciptakan sumber daya untuk menguasai pengetahuan dan keterampilan untuk menjadi apa yang mereka cita-citakan.
Abraham  Lincoln harus meminjam buku untuk belajar. Bahkan dia harus membersihkan mobil, menyiangi rumput atau membersihkan rumah untuk sebuah buku. Dia lulus dalam bidang hukum dan menjadi presiden amerika. Jika ada kemauan, siapapun akan menemukan jalan untuk menguasai pengetahuan dan keterampilan  dan memperoleh keajaiban.
Suatu sikap positif – sebuah keinginan yang kuat sebuah hasrat membara, sebuah nafsu menyala-nyala,  semangat menggelora adalah sesuatu yang terbaik, yang harus dimiliki dan dikembangkan setiap orang hanya sikap possitif yang dapat mengeluarkan seseorang dari kesengsaraan.

Comments