Diskusi Hari Ini. Sebuah Cerita Didalam Kampus


Diskusi berbahasa asing yang tidak sukses.
Baiklah. Mengapa aku membuat judul berkesan negative? Jawabannya adalah.. saya akan selalu mengingat kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan. Juga saya ingat prunsip jack ma bahwa, belajarlah dari kesalahan orang lain. Jangan belajar dari keauksesan orang lain. Karena sebenarnya manusia itu selalu melakukan kesalahan yang sama.
Kemarin saya mendapat kelo.pok empat, urutan pertama untuk presentasi denfan pembahasan tentang materi "phrases". Presentasi pertama. Itu artinya enam hari lagi, saya punya waktu 6 hari. Dalam keadaan kagak ngerti materinya sama-sekali, akhirnya saya coba membagikan beberapa materi kepada teman", walhasil materi berbahasa ingris itu tak ada yang paham apa maksudnya. Aku coba tanya abi apa makaud materi itu setelag aku sedikit paham buah belajar dari channel youtube. Tapi sayangnya pendapat abi berbeda. Itu terjadi 5jam sebelum presentasi dimulai. Aku hanya bingung mau apa. Tidaka ada titik temu pendapat diantara kami. Dan benar saja presentasi yang aku bayangkan sukses ternyata sesuai ekspektasi sesaat sebelumnya. Berantakan. Mengapa begitu? Setelah aku telusuri, renungi, akhirnya saya menyimpulkan bebetapa sebabnya antara lain:
1. Kurang komunikasi
Contohnya aku tidak sependapat dengan abi tapi tidak kuungkapakan.
Aku selalu membayangkan bisa presentasi tunggal seperti tutorual di youtube, namun itulah kesalahanku dan aku tidak menyadari dampaknya, berbeda pendapat di dePan semua teman-teman sekelas bukanlah sesuatu yang bagus. Intinya kita semua harus sependapat dalam pemahaman agar para audian bisa memahami presentasi kami.
1. Formasi kelompok didepan kelas
Lagi"... kamu mendapat masalah karena tidak megungkapakan yang ingin kau ungkapkan

Comments